POMA JURNAL
Vol 2 No 2 (2025): POMA JURNAL: Publish Of Management

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Memilij Produk Kredit Usaha Rakyat Arrum Express Loan Di PT Pegadaian: Studi Kasus pada Nasabah Aktif KUR Arrum Express

Nisa, Haerun (Unknown)
Muspa, Muspa (Unknown)
Suwandaru, Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Abstrak Tantangan permodalan yang dihadapi para pelaku UMKM, pemerintah hadir dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai solusi pembiayaan yang mudah, terjangkau, dan bersubsidi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor apakah yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk KUR Arrum Express Loan Di PT Pegadaian Limbung. Metode stastistik yang digunakan untuk menganalisis faktor - faktor menggunakan aplikasi SPSS versi 26.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis faktor eksploratori, tidak ditemukan struktur faktor yang dapat dibentuk dari variabel yang diuji karena seluruh variabel memiliki korelasi antar-item yang rendah, meskipun reliabilitas masing-masing variabel tinggi. Adapun factor-faktor meliputi, Faktor Ekonomi, Faktor Sosial & Demografis, Faktor Psikologis & Prilaku, Faktor Prosedural & Pelayanan, Faktor Teknologi & Aksesibilitas, Faktor Regulasi. Hal ini menunjukkan bahwa indikator-indikator yang digunakan bersifat mandiri dan tidak membentuk konstruk laten bersama. Faktor Regulasi dan Dukungan Pemerintah menjadi faktor paling tinggi, dengan nilai eigen sebesar 1,391. Faktor Sosial dan Demografi berada di urutan kedua dengan nilai eigen 1,216 dan Faktor Psikologi dan Perilaku menempati posisi ketiga, dengan nilai eigen 1,041.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

POMAJURNAL

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

POMA JURNAL: Publish of Management dikelola dan diterbitkan oleh lembaga jurnal yang ada pada Program Studi Manajemen S1 Universitas Fajar dengan durasi publikasi yakni periode satu Januari hingga Juni, periode kedua adalah Juli hingga Desember. Tujuan penerapan publikasi bersifat range atau jarak ...