Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli - September

Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model PBL, STAD, DAN TGT Pada Kelas V Di Sekolah Dasar

Muhammad Ahdi (Unknown)
Celia Cinantya (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan mengenai rendahnya aktivitas, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model PBL, STAD dan TGT dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau Badauh dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan, terbukti dengan skor 30 yang memiliki nilai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dengan kriteria sangat aktif mencapai 100%. Kemampuan berpikir kritis meningkat hingga 96%. Serta, dengan kriteria tercapai, hasil belajar siswa meningkat hingga 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL, STAD dan TGT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya muatan IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...