Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi
Vol. 21 No. 1 (2025): Jurnal Pintar Harati Volume. 21, Nomor. 1, Juni 2025

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SEBAB AKIBAT PADA ANAK KELOMPOK B TK BAKUWU: Friska Cecilia Br Sembiring, Elisabeth Fransisca Saragi Stitio, Kartika Ananda

Br Sembiring, Friska Cecilia (Unknown)
Saragi Sitio, Elisabeth Fransisca (Unknown)
Ananda, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pemikiran sebab akibat didasarkan pada asumsi bahwa setiap sebab menimbulkan akibat dan sebaliknya setiap akibat pasti mempunyai sebab. Pembelajaran mengenal sebab akibat sejak dini diawali dengan mengenalkan proses-proses yang muncul di sekitar. Melalui metode eksperimen anak diajak melakukan percobaannya sendiri untuk mengamati proses dan juga mengenal konsep sebab akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Eskperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Pada Anak Kelompok B Di TK Bakuwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen, dengan menggunakan pola one group pre-test and post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, memperlihatkan nilai t hitung (10,7115) > t tabel (2,145) sehingga hasil dari analisis data uji-t yang di dapat menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal sebab akibat pada anak kelompok B TK Bakuwu. Kata Kunci:  Metode Eskperimen, Sains, Sebab Akibat, Anak Usia Dini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pintar Harati dengan ISSN 9-772301-599002, E-ISSN 2301-5993 terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember, Jurnal Pintar Harat adalah jurnal yang menyajikan jurnal hasil penelitian pendidikan dan Psikologi Dosen-dosen jurusan pendidikan anak usia dini Fakultas Keguruan dan ...