Jurnal Riset Public Relations
Volume 5, No. 1, Juli 2025, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)

Instagram sebagai Media Promosi bagi Stakeholders di Perusahaan Start-Up

Pratama, Ramadhan Dwi (Unknown)
Ike Junita Triwardhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengkaji peranan media sosial instagram dari sebuah Start-up dalam mempromosikan vendornya di instagram. Start-up adalah perusahaan atau sebuah bisnis yang perintisannya belum lama terbentuk. Salah satu Start-Up yang berkembang menawarkan jasa yang mengatur mengenai acara pernikahan adalah Seventeen WO yang menyediakan jasa pengelolaan prosesi pernikahan yang ada di bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan promosi, manfaat, alasan, dan hambatan yang dihadapi oleh Seventeen WO dalam mempromosikan vendornya di insragram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan yaitu teori media baru dan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini yaitu Seventeen WO merupakan Start-Up di bandung yang melakukan promosi terhadap vendornya di istagram. Pengelolaan promosinya dimulai dari tahap pembuatan kesepakatan, pembuatan timeline hingga pembuatan konten promosi. Manfaat yang dirasakan oleh Seventeen WO yaitu kerjasama jangka panjang dan semakin luas jangkauan pasar nya. Alasan mengapa Seventeen WO mempromosikan ialah karna Seventeen WO ingin perusahaan nya cepat dikenal oleh masyarakat luas. Adapun hambatannya ialah perbedaan tujuan dari kedua belah pihak dan resiko reputasi yang bisa terjadi. Abstract. This research examines the role of Instagram as a promotional medium for vendors by a start-up company. A start-up is a company or business that has been recently established. One of the developing start-ups offering services related to wedding event management is Seventeen WO, which provides wedding procession management services in Bandung. This study aims to understand the promotion management, benefits, reasons, and obstacles faced by Seventeen WO in promoting its vendors on Instagram. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The research method employed is qualitative with a case study approach. The theories used are new media theory and marketing communication. The results of this research indicate that Seventeen WO is a start-up in Bandung that promotes its vendors on Instagram. Its promotion management begins from the agreement-making stage, the creation of a timeline, to the production of promotional content. The benefits experienced by Seventeen WO include long-term cooperation and an increasingly wider market reach. The reason Seventeen WO promotes its vendors is that the company wants to become widely known quickly. However, the obstacles encountered include differing goals between both parties and the risk of reputational damage.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Public Relations Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll. JRPR ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan ...