Anak usia dini berada dalam fase perkembangan yang sangat pesat, namun memiliki rentang konsentrasi yang rendah. Mereka cenderung mudah terdistraksi terutama ketika metode pembelajaran yang digunakan monoton dan kurang menarik. Dalam permasalahan tersebut media pembelajaran sangat diperlukan yang mana melibatkan berbagai indera secara bersamaan menjadi penting untuk mendukung peningkatan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar anak usia dini dan mengevaluasi efektivitas peggunaan video pembelajaran sebagai media yang digunakan dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan dengan tujuan penelitian yaitu efektivitas video pembelajaran dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. video yang menyajikan unsur visual dan auditori secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian anak, meningkatkan fokus, serta memfasilitasi anak untuk aktif selama pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2025