Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Strategi Pengembangan Empati dalam Pendidikan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Studi Deskriptif di TK PGRI 1 Bululawang)

Kutfiana, Sovin (Unknown)
Emmanuel H, Sarah (Unknown)
Akbar, Mochamad Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode yang digunakan oleh guru dalam menumbuhkan empati pada anak-anak usia 4 hingga 5 tahun di TK PGRI 1 Bululawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran sosial-emosional seperti kegiatan bercerita, bermain peran, diskusi kelompok kecil, serta pembiasaan perilaku sosial positif dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode-metode tersebut, anak-anak mulai menunjukkan perilaku empatik seperti berbagi mainan, membantu teman yang kesulitan, dan menunjukkan kepedulian terhadap perasaan orang lain. Guru juga memberikan pendekatan individual bagi anak yang menunjukkan kesulitan dalam berempati, serta memberikan contoh konkret dalam situasi nyata yang dialami anak. Proses ini berlangsung dalam lingkungan belajar yang inklusif dan suportif, yang memungkinkan anak merasa aman dan dihargai. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pembelajaran sosial-emosional sejak usia dini sebagai landasan dalam pembentukan karakter anak. Dengan strategi yang tepat dan konsisten, guru memiliki peran sentral dalam menumbuhkan empati yang akan berdampak positif dalam kehidupan sosial anak di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...