Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dinamika perkembangan serta ciri khas media interaktif yang digunakan dalam pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia dini, dengan pendekatan tinjauan pustaka secara sistematis. Sebanyak 101 artikel ditelusuri, disaring berdasarkan pedoman PRISMA, diperoleh 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi digital, seperti aplikasi berbasis perangkat seluler, virtual reality (VR), augmented reality (AR), permainan edukatif (serious games), dan e-book interaktif dalam konteks pendidikan kebencanaan. Media yang dikembangkan mengutamakan aspek interaktif, tampilan visual yang menarik, narasi yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Lima bentuk utama media yang teridentifikasi: video animasi interaktif, permainan edukatif berbasis STEAM, e-book interaktif, simulasi berbasis PowerPoint, dan aplikasi AR sederhana. Seluruh media tersebut dinilai efektif dalam menyampaikan informasi kesiapsiagaan secara kontekstual dan mudah dipahami anak. Hasil temuan menegaskan bahwa media digital interaktif memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran dan keterampilan mitigasi bencana sejak usia dini.
Copyrights © 2025