Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Kajian Literatur: Perancangan Media Interaktif Untuk Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini

Rachmawaty, Mia (Unknown)
Ningtyas, Dhita Paranita (Unknown)
Fitriani, Ipani (Unknown)
Choirudin, Choirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dinamika perkembangan serta ciri khas media interaktif yang digunakan dalam pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia dini, dengan pendekatan tinjauan pustaka secara sistematis. Sebanyak 101 artikel ditelusuri, disaring berdasarkan pedoman PRISMA, diperoleh 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi digital, seperti aplikasi berbasis perangkat seluler, virtual reality (VR), augmented reality (AR), permainan edukatif (serious games), dan e-book interaktif dalam konteks pendidikan kebencanaan. Media yang dikembangkan mengutamakan aspek interaktif, tampilan visual yang menarik, narasi yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Lima bentuk utama media yang teridentifikasi: video animasi interaktif, permainan edukatif berbasis STEAM, e-book interaktif, simulasi berbasis PowerPoint, dan aplikasi AR sederhana. Seluruh media tersebut dinilai efektif dalam menyampaikan informasi kesiapsiagaan secara kontekstual dan mudah dipahami anak. Hasil temuan menegaskan bahwa media digital interaktif memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran dan keterampilan mitigasi bencana sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...