Optimalisasi perkembangan anak usia dini merupakan penentu dalam pembentukan kepribadian anak. Karena pada usia ini merupakan periode yang paling mendasar dalam pertumbuhan anak, maka keberhasilan seorang anak bergantung bagaimana kitab isa mengembangkan seluruh aspek pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang ditemukan terhadap pengembangan literasi pada anak usia dini. Metode penelitian dalam artikel ini adalah kajian literature yang didukung dari beberapa data-data karya tulis ilmiah, kemudian dikaji untuk dihubungkan dengan penelitian sebagai pemecahan masalah. Literasi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Literasi merupakan kemampuan menggunakan Bahasa dan gambar dalam berbagai bentuk dan variasi untuk membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, memirsa, menyajikan, dan berpikir secara kritis tentang informasi/ gagasan. Kontribusi orangtua dalam mengembangkan literasi bersama anak dapat menunjang kesuksesan anak di masa mendatang. Maka hal ini perlu diketahui agar orangtua mengetahui pentingnya membangun lingkungan yang kaya literasi untuk mendukung perkembangan kemampuan literasi dasar anak.
Copyrights © 2025