Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Penerapan Media Kincir Matematika (KINMATIKA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas 3 SD IT Al Ikhlas

Rohmah, Siti Nur (Unknown)
Fadilah, Lutfi (Unknown)
Mahmudah, Masrurotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas 3 SD IT Al Ikhlas. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang dan kecenderungan mereka untuk mengandalkan hafalan semata tanpa benar-benar memahami konsep dasar di balik operasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian melalui penerapan media Kincir Matematika (KINMATIKA), yaitu media pembelajaran berbasis visual dan kinestetik yang dirancang untuk membantu siswa memvisualisasikan dan memanipulasi konsep perkalian secara konkret dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep, observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan wawancara untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep perkalian secara signifikan, serta peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media KINMATIKA terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menggunakan media serupa dalam pembelajaran matematika dasar untuk menciptakan suasana belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...