Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran active learning dalam keterampilan berbicara anak usia dini. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan sampel anak usia dini usia 7-8 tahun. Jumlah sampel yaitu 33 anak sebagai kelas eksperimen dan 32 anak sebagai kelas kontrol. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Metro Timur. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik cluster random sampling. Data diperoleh melalui tes keterampilan berbicara dan dianalisis melalui analisis komparasi dengan uji-t dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil analisis menunjukkan harga âtâ penghitungan berdasarkan gain score 5.18 dengan taraf signifikansi 1.99 dan harga âtâ penghitungan berdasarkan hasil post-test 4.06 dengan taraf signifikansi 1.99. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara anak usia dini yang belajar di kelas eksperimen dan anak usia dini yang belajar di kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran active learning efektif diterapkan dalam pembelajaran berbicara anak usia 7-8 tahun.
Copyrights © 2025