Kemampuan keaksaraan awal merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif dan akademik anak. Untuk mendukung hal tersebut, pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) menjadi strategi yang efektif karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, kreatif, dan bermakna melalui eksplorasi dan pemecahan masalah. Salah satu media yang efektif untuk mendukung pembelajaran literasi adalah papan huruf. Jika diintegrasikan dengan pendekatan STEAM, media ini membantu anak mengenal huruf, membentuk kata, dan memahami bunyi bahasa secara interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini kelompok B. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall melalui beberapa tahap: identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan di lembaga PAUD. Media ini melibatkan anak secara aktif dan mudah diterapkan oleh guru. Integrasi unsur STEAM berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif dan eksploratif, serta berdampak positif terhadap perkembangan bahasa anak. Media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran keaksaraan dan diharapkan dapat terus dikembangkan serta dimanfaatkan secara luas di berbagai konteks pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025