Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi manajerial kepala TK dalam penguatan literasi digital di TK Siti Hajar, Desa Kuta, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan kepala TK dan guru sebagai subjek utama. Literasi digital menjadi kebutuhan esensial di era modern, menuntut kepala sekolah tidak hanya memahami, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi dalam pengelolaan pembelajaran dan administrasi. Melalui pendekatan manajerial POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling), kepala TK Siti Hajar berhasil memfasilitasi pelatihan literasi digital untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan aplikasi digital seperti Platform Merdeka Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam merancang modul dan bahan ajar yang kreatif berbasis teknologi, meskipun terdapat hambatan seperti ketidaksamaan kecepatan adaptasi antar guru. Keberhasilan program ini didukung oleh supervisi kepala sekolah, antusiasme guru, dan keterlibatan orang tua murid. Keterbatasan penelitian terletak pada masih terbatasnya akses guru terhadap teknologi tertentu, sehingga diperlukan strategi lanjutan seperti pelatihan intensif dan pemanfaatan teknologi yang lebih luas.
Copyrights © 2025