Perilaku bullying pada anak usia dini menjadi isu yang perlu mendapatkan perhatian baik dari lingkungan masyarakat maupun dari lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru yang kadang menganggap hal tersebut sangat biasa terjadi pada anak usia dini, padahal hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari perilaku bullying pada anak usia dini. Oleh karena itu, penting bagi guru PAUD untuk memahami perilaku bullying pada anak usia dini guna mengenali bullying dalam proses pencegahan dan penanganan tindakan bullying pada anak usia dini. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru terhadap perilaku bullying pada anak usia dini di lingkungan sekolah, baik secara verbal, non-verbal dan sosial. Responden dalam penelitian ini adalah semua guru PAUD yang berjumlah 57 guru yang ada di wilayah Gugus 2 Kecamatan Bululawang. Dari hasil penelitian setiap dimensi bullying memberikan informasi terkait kelemahan guru dalam pemahamannya pada bullying pada anak usia dini. Guru PAUD di Kecamatan Bululawang membutuhkan pemahaman dan pendampingan secara komprehensif terutama untuk aspek jenis perilaku dan prosedur penanganan secara terintegrasi.
Copyrights © 2025