Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Penggunaan Kata-Kata Kasar di TK Anak Sholeh)

Laila, Sofi Nur (Unknown)
Zahro, Ianatuz (Unknown)
Siswono, Hendrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian guna menganalisa peran guru dalam membentuk karakter anak, khususnya dalam mengatasi penggunaan kata-kata kasar di TK Anak Sholeh. Fokus utama penelitian ini meliputi tiga permasalahan, yaitu: bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter anak, faktor yang menyebabkan anak menggunakan kata-kata kasar, serta strategi guru sebagai solusi perilaku tersebut dalam lingkungan sekolah. Secara umum, penelitian bertujuan menganalisa kontribusi guru dalam membentuk kepribadian siswa, dan penggunaan bahasa kasar. Secara khusus, tujuannya untuk membuktikan peran guru dalam pembentukan karakter anak, mengidentifikasi faktor yang menyebabkan anak menggunakan kata-kata kasar di TK Anak Sholeh, serta menggali strategi guru dalam menangani perilaku tersebut. Pendekatan kualitatif bermetode studi kasus digunakan dengan data yang dikumpulkan melalui observasi terhadap anak dan wawancara mendalam untuk mendapatkan gambaran komprehensif terkait kontribusi guru dalam pengembangan karakter anak usia dini. Luaran penelitian yaitu tersusunnya rekomendasi praktis bagi guru khususnya dan bagi orang tua dalam menangani penggunaan bahasa kasar pada anak usia dini, serta kontribusi teoritis terhadap pendekatan pedagogis berbasis karakter, yang dapat memperkuat pendidikan moral di tingkat PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...