Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan aspek penting yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah lingkungan belajar. Namun, masih banyak satuan PAUD yang belum mengoptimalkan lingkungan belajar sebagai stimulus untuk perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun di RA Al-Hanif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-eksperimen (One Group Pretes-Postes Design) menggunakan desain One Group Pretes-Postes. Sampel penelitian berjumlah 9 anak kelompok B yang bersekolah di RA Al-Hanif, Deli Serdang, Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi perkembangan bahasa yang mencakup aspek kemampuan berbicara dan komunikasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang dirancang secara aktif dan kondusif dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak secara signifikan. Oleh karena itu, guru dan orang tua disarankan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kaya akan rangsangan bahasa guna mendukung perkembangan optimal anak usia dini.
Copyrights © 2025