JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 4 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi

Perbandingan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial

Nurhaswinda, Nurhaswinda (Unknown)
Aliati, Marsela (Unknown)
Ramadani, Nadiah Lestiwi (Unknown)
Syahira, Nur Haniza (Unknown)
Anggraini, Yosi (Unknown)
Supia, Yuyun Ayu (Unknown)
Lestari, Zira (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

This study aims to compare qualitative and quantitative approaches in social research through a literature review. The method employed is a literature study of books, scientific articles, and journals related to social research methodology. The results indicate that the quantitative approach is rooted in the positivist paradigm, utilizing deductive analysis and numerical data, whereas the qualitative approach is based on constructivism, employing inductive analysis and narrative data. The main findings suggest that a mixed methods approach can serve as an alternative by integrating the strengths of both approaches. This article contributes a conceptual guide for novice researchers in selecting an approach that aligns with their research objectives and context.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan membandingkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian sosial melalui studi pustaka. Metode yang digunakan adalah kajian literatur terhadap buku, artikel ilmiah, dan jurnal terkait metodologi penelitian sosial. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan kuantitatif berakar pada paradigma positivisme dengan analisis deduktif dan data numerik, sedangkan pendekatan kualitatif berlandaskan konstruktivisme dengan analisis induktif dan data naratif. Temuan utama menunjukkan bahwa pendekatan mixed methods dapat menjadi alternatif yang mengintegrasikan keunggulan kedua pendekatan. Kontribusi artikel ini adalah memberikan panduan konseptual bagi peneliti pemula dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan tujuan dan konteks penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...