Pijar Pelita: Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2025): Mei

Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Integrasi Nilai Tradisional dan Teknologi Pembelajaran Modern

Siti Fatimah (Nurul Jadid University)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan kualitas pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo melalui empat aspek utama: keterlibatan siswa, pemahaman nilai-nilai Islam, kualitas pengajaran, dan keterampilan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan pengumpulan data melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah ada usaha untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, penerapannya masih terbatas dan belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam kurikulum. Selain itu, penguatan pemahaman nilai-nilai Islam dalam proses pengajaran juga menghadapi tantangan karena masih dominannya pendekatan konvensional. Di sisi lain, pengembangan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis dan kerja sama, belum diterapkan secara merata di semua mata pelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dengan mengusulkan pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang menggabungkan teknologi dan nilai-nilai agama secara lebih efektif, serta mengedepankan keterampilan abad 21. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan teknologi yang lebih intensif untuk guru, serta perancangan kurikulum yang lebih adaptif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Pijar Pelita Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education is a scientific journal published by PT Rizkarya Cendekia Pustaka. This journal is a means of publishing research results and theoretical studies related to early childhood education, both in the context of ...