Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh manajemen mutu pendidikan terhadap kesejahteraan psikologis siswa di MIS Raudlatul Jannah I yang terletak di Desa Sumberpoh, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Fokus utama penelitian ini meliputi beban akademik, dukungan psikologis, kompetisi sosial, dan keseimbangan antara tuntutan akademik dan kegiatan pengembangan diri siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa beban akademik yang tinggi, kurangnya dukungan psikologis, dan adanya lingkungan kompetitif di sekolah berperan besar dalam meningkatkan stres akademik siswa, yang mengganggu kesejahteraan psikologis mereka. Meski demikian, kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband terbukti menjadi salah satu cara efektif bagi siswa untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana manajemen mutu yang berfokus pada akademik dapat memengaruhi kesejahteraan mental siswa, serta pentingnya keseimbangan antara akademik dan kegiatan pengembangan diri. Penelitian ini menyarankan agar sekolah lebih menekankan pada dukungan psikologis yang memadai dan kegiatan non-akademik untuk mendukung kesejahteraan siswa. Penelitian lanjutan dengan pendekatan kuantitatif yang lebih luas di berbagai sekolah sangat diperlukan untuk memperluas temuan ini.
Copyrights © 2025