Pijar Pelita: Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2025): Mei

Kepemimpinan Kolaboratif dan Prestasi Siswa: Mengembangkan Lingkungan Sekolah untuk Mendorong Keunggulan Akademik

Sudirman (Nurul Jadid University)
Siti Fatimah (Nurul Jadid University)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di SDN Jatisari 1 Kuripan, Probolinggo, dengan fokus pada komunikasi dan koordinasi antara pihak sekolah dan orang tua, peningkatan profesionalisme guru, penciptaan lingkungan belajar yang mendukung, serta pembagian tugas yang jelas dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun komunikasi dengan orang tua dilakukan melalui pertemuan rutin dan media sosial, masih terdapat hambatan dalam hal keterlibatan orang tua akibat waktu dan ketidaktahuan tentang pentingnya peran mereka. Peningkatan profesionalisme guru berhasil dilakukan melalui pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi antar guru, meskipun implementasi pengajaran berbasis teknologi masih perlu ditingkatkan. Penciptaan lingkungan belajar yang mendukung di SDN Jatisari 1 Kuripan tercipta dengan baik melalui pengaturan ruang kelas yang nyaman dan penggunaan media pembelajaran yang variatif. Pembagian tugas di sekolah juga dilakukan dengan jelas dan terstruktur, namun masih perlu diimbangi dengan kolaborasi yang lebih intensif antar guru dalam perencanaan pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan yang lebih holistik dan inklusif dalam melibatkan orang tua dan meningkatkan kompetensi guru, serta perlunya penelitian lanjutan untuk memperluas cakupan dengan metode survei yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Pijar Pelita Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education is a scientific journal published by PT Rizkarya Cendekia Pustaka. This journal is a means of publishing research results and theoretical studies related to early childhood education, both in the context of ...