Pijar Pelita: Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2025): Mei

Analisis Pengelolaan Profesionalisme Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Studi Kasus di SMA Darul Muklasin Probolinggo

M. Hafiduddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan profesionalisme guru di SMA Darul Muklasin Probolinggo dilaksanakan, dengan fokus pada aspek pelatihan berkelanjutan, mentoring, evaluasi dan refleksi berkala, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang menggabungkan wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta observasi langsung di lingkungan sekolah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa meskipun berbagai program pengembangan profesional sudah diterapkan, beberapa tantangan masih ada, seperti keterbatasan waktu, ketidakmampuan maksimal guru dalam memanfaatkan teknologi, dan ketidakmerataan akses teknologi di kalangan siswa. Selain itu, meskipun mentoring antar rekan sejawat dilakukan dengan baik, waktu dan kesempatan untuk diskusi mendalam masih menjadi hambatan. Evaluasi dan refleksi berkala memberikan dampak positif, namun belum dimaksimalkan karena keterbatasan waktu. Secara keseluruhan, meskipun ada upaya pengelolaan profesionalisme yang baik, diperlukan perbaikan dalam hal alokasi waktu, pelatihan teknologi yang lebih mendalam, dan peningkatan infrastruktur pembelajaran. Penelitian ini menyarankan untuk dilakukannya penelitian lanjutan dengan metode survei guna memperoleh temuan yang lebih luas dan mendalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Pijar Pelita Journal of Early Childhood Education and Early Childhood Islamic Education is a scientific journal published by PT Rizkarya Cendekia Pustaka. This journal is a means of publishing research results and theoretical studies related to early childhood education, both in the context of ...