Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Al-Istishna

Analisis Perubahan Preferensi, Persepsi dan Pola Konsumsi Terhadap Keputusan Penggunaan Fashion Halal Pada Generasi Z

Rivaldi, Rajab (Unknown)
Farida, Ida (Unknown)
Jojo, Jurmarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis preferensi, persepsi, dan pola konsumsi Generasi Z terkait keputusan mereka untuk menggunakan fesyen halal di Kabupaten Bone. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui survei terhadap 120 responden dari Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, dan Tanete Riattang Barat. Variabel penelitian meliputi preferensi (penggunaan teknologi, kesadaran lingkungan), persepsi (kepatuhan halal, kualitas, harga), dan pola konsumsi (pembelian online, penganggaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel preferensi dan persepsi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumsi fesyen halal. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 27 untuk mengidentifikasi hubungan di antara variabel-variabel ini. Temuan penelitian berkontribusi pada pengembangan strategi pemasaran dan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku konsumen terkait fesyen halal di wilayah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-istishna

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Al-Istishna berfokus pada penelitian terkait ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam yang relevan dengan perkembangan teori dan praktik ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam. Jurnal Al-Istishna bermaksud untuk menyoroti implikasi praktis dari mendorong proses pengambilan ...