Kreativitas anak dan perkembangan motorik tangan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam meningkatkan koordinasi motorik halus dan keterampilan sensorik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran berbasis aktivitas kreatif dalam meningkatkan kreativitas serta memantau perkembangan motorik tangan anak melalui aktivitas menjahit dengan benang wol dan membuat kerajinan tangan dari kawat bulu. Penelitian ini dilaksanakan pada 19 Februari 2025 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pangulah Utara dengan pendekatan observasi dan evaluasi untuk mengukur dampak metode tersebut terhadap keterampilan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kreatif ini secara signifikan meningkatkan kreativitas, ketekunan, dan koordinasi motorik halus anak. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kontrol gerakan tangan, fokus, serta antusiasme dalam menyelesaikan tugas kreatif, yang juga mendukung perkembangan kognitif mereka. Selain itu, kegiatan ini memungkinkan anak untuk berlatih memecahkan masalah dan berpikir inovatif, menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa menegaskan efektivitas pendekatan ini dalam pendidikan dasar. Oleh karena itu, penerapan aktivitas kreatif dalam pembelajaran direkomendasikan sebagai strategi efektif untuk mendukung perkembangan anak, khususnya dalam meningkatkan keterampilan motorik dan kreativitas mereka.
Copyrights © 2025