Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 3 (2023): Juli 2023

Analisis Materi Fisika dalam Buku IPA SMP Kelas VIII yang Bermuatan Keterampilan Proses Sains

Iswar (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
Amiruddin Takda (Universitas Halu Oleo, Indonesia)
La Tahang (Universitas Halu Oleo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyajian unsur-unsur keterampilan proses sains (KPS) dalam buku ajar IPA SMP Kelas VIII Semester 1 pada materi fisika. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu buku IPA kelas VIII kurikulum 2017 edisi revisi terbitan kemendikbud, buku IPA Terpadu kelas VIII terbitan Erlangga dan buku IPA Terpadu terbitan Yudhistira. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen unsur-unsur keterampilan proses sains yang diadopsi dari Nuryani Rustaman. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur keterampilan sains telah disajikan dengan baik meskipun terdapat unsur yang belum terpenuhi yaitu unsur berhipotesis dan mengajukan pertanyaan. Unsur keterampilan proses yang paling banyak muncul yaitu unsur observasi, yang merupakan keterampilan paling dasar dalam melakukan suatu percobaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru memilliki banyak referensi buku IPA SMP kelas VIII dalam meningkatkan KPS siswa dan tidak hanya mengacu dalam satu buku.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika publishes research articles in the field of Physics Education which include Physics Learning Models or Methods, Physics Learning Strategies, Physics Learning Media, ICT in Physics Learning, Physics Literacy Learning, Higher Order Thinking Skill Physics, Physics ...