Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyajian unsur-unsur keterampilan proses sains (KPS) dalam buku ajar IPA SMP Kelas VIII Semester 1 pada materi fisika. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu buku IPA kelas VIII kurikulum 2017 edisi revisi terbitan kemendikbud, buku IPA Terpadu kelas VIII terbitan Erlangga dan buku IPA Terpadu terbitan Yudhistira. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen unsur-unsur keterampilan proses sains yang diadopsi dari Nuryani Rustaman. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur keterampilan sains telah disajikan dengan baik meskipun terdapat unsur yang belum terpenuhi yaitu unsur berhipotesis dan mengajukan pertanyaan. Unsur keterampilan proses yang paling banyak muncul yaitu unsur observasi, yang merupakan keterampilan paling dasar dalam melakukan suatu percobaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru memilliki banyak referensi buku IPA SMP kelas VIII dalam meningkatkan KPS siswa dan tidak hanya mengacu dalam satu buku.
Copyrights © 2023