Tujuan dari penelitian adalah menganalisis pencapaian kemampuan literasi sains peserta didik SMA berdasarkan instrument Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri di Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara yang terdiri dari tiga sekolah (SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3) dengan pengambilan sampel secara purfosif sampling sehingga terpilih sampel sebanyak 135 orang. Data diperoleh berdasarkan instrumen NoSLiT yang terdiri dari 35 item yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan literasi sains peserta didik tergolong rendah dengan nilai rerata persentase 43,2%. Capaian literasi sains yang paling rendah adalah pada indikator kemampuan keterampilan proses (intellectual process skills) dengan capaian hanya 24,3% dengan kategori sangat rendah, sedangkan capaian literasi sains pada kategori sedang hanya pada indikator kaidah bukti saintifik (rules of scientific evidence) dengan capaian 58,8%, sementara pada indikator lainnya semuanya masih berada pada kategori rendah.
Copyrights © 2023