Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol. 10 No. 1 (2025): Edisi Januari 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Fisika Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas XI SMA

Nuraziza (Universitas Halu Oleo)
Amiruddin Takda (Universitas Halu Oleo)
La Maronta Galib (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Materi IPA khususnya fisika memuat materi berbasis konsep dan matematik, sifat materi fisika yang abstrak dan kompleks mengakibatkan sulitnya visualisasi konsep oleh peserta didik dalam gambar dan angka yang berakhir pada rendahya hasil belajar peserta didik pada materi fisika yang didukung oleh faktor minimnya ketersedian sarana dan prasarana pendalaman konsep berupa laboratorium, alat peraga dan media pembelajaran interaktif. Ketersediaan media pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk mengeksplorasi dan memvisualisasikan konten fisika yang terkait erat dengan beberapa bentuk teori pembelajaran konstruktivis dan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memfasilitasi guru dan peserta didik dalam memberikan pemahaman materi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA/MA Kelas XI pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan media interaktif berbasis Kartu Domino Fisika Penelitian ini menggunakan model four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, lembar validasi, tes (pretest-posttest) dan angket keterlaksanaan dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran memenuhi kriteria valid dari aspek media 85% dan materi 90,87%, 97,77% dan 85,07%. Hasil praktikalitas oleh guru 91% dan 98% dan peserta didik 92,6% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran memperoleh N-gain 0,71 dengan kategori tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis kartu domino fisika pada materi suhu dan kalor dianggap valid dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk menunjang proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika publishes research articles in the field of Physics Education which include Physics Learning Models or Methods, Physics Learning Strategies, Physics Learning Media, ICT in Physics Learning, Physics Literacy Learning, Higher Order Thinking Skill Physics, Physics ...