Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Pengembangan Bahan Ajar Qira'ah Terpadu bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Erlina, Erlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2017

Abstract

Abstract: Pembelajaran qira’ah sering berjalan lambat, karena penguasaan struktur bahasa (Nahwu dan Shorf) dan penguasaan muradat mahasiswa lemah. Peneliti melakukan penelitian pengembangan bahan ajar qiraah yang terpadu untuk Program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Bahan ajar disusun melalui proses penataan ulang bahan ajar qira’ah yang tersedia pada buku ajar yang ada dengan memberikan perubahan letak, urutan dan penambahan latihan pemahaman kritis, kajian, menulis, latihan membuat kalimat dan berbicara yang disesuaikan dengan sistematika ilmu nahwu sehingga memadukan antar kemahiran dan unsure bahasa arab. Produk bahan ajar memenuhi prinsip keakuratan isi teks dan prinsip sehingga tepat dan sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) mata kuliah maharah qira’ah dan Nahwu bahkan mata kuliah maharatul lughah, memberikan Daya dukung Pembelajaran, menyediakan proses menalar dengan  menggunakan pertannya kritis, soal latihan terbuka (open-ended problem), memiliki keseimbangan antara kedalaman dan keluasan kosa kata dan kaidah tata kalimat yang digunakan, berbasis Analisis Kebutuhan Peserta Didik, dan disusun secara linier. Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Ajar Terpadu, Qira’ah 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

albayan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab published twice a year since 2010 (June and December). Since 2017 this journal began in the online, is a multilingual (Indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education. This journal is published by the ...