Pembelajaran berbassis PBL merupakan pembelajaran yang menuntut aktif siswa untuk memecahkan masalah dunia nyata sehingga berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran berbasis PBL dan juga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis PBL terhadap hasil belajar. Pendekatan penilitian yang dipakai merupakan pendekatan penelitian kuantitaif dengan metode pra experimental desain menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 26 siswa. Untuk hasil data angket respon pembelajaran berbasis PBL memperoleh rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap terlaksananya pembelajaran PBL dengan hasil angket siswa meberikan penilaian sebesar 94.3% . dan hasil uji analisis menggunakan uji N-gain didapati hasil 0,46 dan masuk pada kategori sedang artinya terjadi peningkatan hasil belajara sebelum dan sesudah perlakuan pada kategori sedang. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020