Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 2 (2023): TERAMPIL

Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka di SD Palembang

Rizky, Muhammad (Unknown)
Putra Pratama, Muhammad Aldri (Unknown)
Shawmi, Ayu Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas IV SD yang terdiri dari lima kelas sedangkan teknik pemilihan sampel yang diterapkan yakni sampel nonprobabilitas dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes pretest dan posttest yang disajikan dalam lembar soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji validitas menggunakan metode corrected item-total correlation, uji reabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha, uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, dan uji hipotesis menggunakan statistik non parametrik Mann-Whitney pada software SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi hanya terjadi peningkatan sebesar 3,15 sedangkan kelas eksperimen adanya peningkatan rata-rata yang signifikan dari nilai awal setelah diberikan treatment meningkat sebesar 12,94. Berdasarkan hasil tersebut menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka berpengaruh serta menyelesaikan masalah berkaitan hasil belajar siswa pada materi IPA di kelas IV SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...