Tujuan penelitian untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas IV SD yang terdiri dari lima kelas sedangkan teknik pemilihan sampel yang diterapkan yakni sampel nonprobabilitas dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes pretest dan posttest yang disajikan dalam lembar soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji validitas menggunakan metode corrected item-total correlation, uji reabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha, uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, dan uji hipotesis menggunakan statistik non parametrik Mann-Whitney pada software SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi hanya terjadi peningkatan sebesar 3,15 sedangkan kelas eksperimen adanya peningkatan rata-rata yang signifikan dari nilai awal setelah diberikan treatment meningkat sebesar 12,94. Berdasarkan hasil tersebut menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka berpengaruh serta menyelesaikan masalah berkaitan hasil belajar siswa pada materi IPA di kelas IV SD.
Copyrights © 2023