Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 2 (2023): TERAMPIL

Scaffolding: Dampaknya terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Usia 9-10 Tahun

Ghani, Wan Ruslan Abdul (Unknown)
Utami, Anita Sri (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Kemampuan penalaran matematis berperan penting dalam mencapai keberhasilan belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dengan Scaffolding terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan bentuk penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan tes. Instrumen tes berupa soal essay dengan jenis soal berdasarkan pada indikator yang ada pada kemampuan penalaran matematis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik clusster random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji-t dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan Uji-t dengan taraff signifikan 5%, diperoleh thitung = 2,870 dan ttabel 1,483, maka thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dengan Scaffolding efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Besar hasil uji effect size menunjukkan nilai 0,8 dengan kategori besar. Nilai effect size menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis siswa kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...