Harmoni gender dalam pendidikan Islam merupakan isu penting yang perlu dikaji secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep harmoni gender dalam pendidikan Islam melalui tinjauan filosofis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan filosofis. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan yang mendalam terhadap literatur dan sumber-sumber terkait harmoni gender dan pendidikan Islam. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara ontologis, kedua gender laki-laki dan perempuan dianggap sebagai hamba Allah yang setara. Secara epistemologis, reinterpretasi teks-teks Islam menegaskan perlunya pendekatan yang progresif dan kontekstual terhadap kesetaraan gender. Secara aksiologis, penelitian ini mendorong kebijakan dan praktik pedagogis yang mendukung lingkungan inklusif dan sensitif gender di institusi pendidikan Islam. Pendidikan Islam sejatinya menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan gender. Dalam pendidikan Islam, laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan pengembangan diri. Kesimpulannya, untuk mewujudkan harmoni gender di lembaga pendidikan Islam, diperlukan pemahaman filosofis pendidikan Islam ramah gender dan implementasi nilai-nilai keadilan serta kesetaraan gender dalam kebijakan dan praktik pendidikan Islam secara kaffah.
Copyrights © 2024