Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Panton Luas tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD SD Negeri 1 Panton Luas, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Panton Luas tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Panton Luas
Copyrights © 2024