Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 26 orang menjadi subjek penelitian ini. Hasil analisis data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 11 siswa (atau 42,30% dari total) memenuhi syarat, yaitu mendapatkan nilai minimal 70. Hasilnya menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum memenuhi persyaratan minimal 85%. Siklus kedua menunjukkan bahwa 23 siswa atau 88,46% dari total siswa telah mencapai standar komunikasi yang ditargetkan, yaitu mendapatkan nilai minimal 70. Siswa dengan ketuntasan belajar telah meningkat sebanyak 12 siswa. Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis sebesar 14,49, dengan nilai rata-rata 64,95 pada tes kemampuan komunikasi dan siklus II meningkat menjadi 79,44. Di kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan, penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada materi sistem persamaan linear dua variabel menunjukkan peningkatan komunikasi matematis siswa.
Copyrights © 2023