CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No.2 Tahun 2023

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN

Sihotang, Martina Abigail Isabella (Unknown)
Sembiring, Ribka Kariani (Unknown)
Sitepu, Israil (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dikelas VIII SMP Negeri 30 Medan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tiap tahap. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, sedangkan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi kubus dan balok. Dari nilai rata-rata kemampuan awal yaitu 49,79, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada siklus I yaitu 62,71 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada siklus II yaitu 76,88 serta nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 64% dan 55% dan siklus II yaitu 83% dan 82%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CARTESIUS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus ...