Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 6 No 2 Desember 2023

Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

Panjaitan, Teresia Agustina (Unknown)
Siagian, Beslina Afriani (Unknown)
Saragih, Elza Leyli Lisnora (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest Post-test Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Pretest dan Post-test dengan menggunakan pendekatan multimodal, diperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 60,53 dan Post-test yaitu 77,83. Dari hasil pengujian hipotesis dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,861 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel = -9,6573<1,861. Dengan demikian apabila Ho ditolak, maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...