Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 6 No 2 Desember 2023

KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Sundoro, Bekty Tandaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran menulis di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Sumber data penelitian ini yaitu informan, hasil observasi, dan peristiwa. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMK di kelas Administrasi Perkantoran. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung proses pembelajaran di kelas, dan peristiwa yang menjadi data adalah kondisi antara penggunaan model dan tanpa penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini membandingkan sebuah proses pembelajaran menulis antara menggunakan model dan tidak menggunakan model. Model yang diterapkan berupa problem based learning. Siswa diberikan masalah berupa bacaan atau teks untuk merangsang ide dan gagasan yang dimunculkan oleh siswa. Masalah yang dibagikan memiliki topik atau tema yang berkaitan dengan siswa dan jurusannya. Hasil penelitian menunjukan penerapan model PBL dapat memberikan kualitas proses yang lebih baik dalam proses pembelajaran menulis. Kualitas proses meningkat dari segi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...