Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 7 No 1 Juni 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122358 JL SUMBER JAYA II KOTA PEMATANG SIANTAR

Purba, Ester Paulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis siswa di UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar. Pada penellitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitiannya menggunakan desain Pre-Eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar sebanyak 29 orang. Sedangkan sampelnya adalah sampling jenuh yaitu siswa siswi kelas V yang berjumlah 29 orang, dengan jenis kelamin 21 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes,observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini adalah hasil dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis siswa kelas V UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar yaitu thitung 14,52 dan ttabel= 2,763262, maka diperoleh thitung atau ttabel atau 14,52>2,7636

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...