Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 7 No 2 Desember 2024

PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS DESKRIPSI SISWA

Malasari, Tiarma Nova Intan (Unknown)
Siahaan, Rachel Yoan Katherin Putri (Unknown)
Limbong, David Parulian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, dan menganalisis materi teks deskripsi siswa. Melalui penggunan media augmented reality ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian siswa akan tumbuh dan berkembang karakternya, serta dapat mendeskripsikan sesuatu sesuai dengan wujud aslinya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan diseminasi terbatas, yaitu dengan mengembangkan materi teks deskripsi dengan memanfaatkan media augmented reality di sekolah. Teknik dan instrument pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran angket, wawancara, studi banding, dan FGD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji kelayakan terhadap pemanfaatan media augmented reality pada pengembangan materi teks deskripsi 90% Responden menjawab sangat mudah, dan 10% responden menjawab mudah. Dari 20 responden, 19 responden menjawab media AR ini dapat menginspirasi mahasiwa untuk lebih mencintai rasa cinta tanah air. Sehingga aplikasi Augmented Reality Video ini layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi teks deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...