Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 9 No. 2 (2024)

Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggubakan Pendekatan Model Rasch

Surya Dharma (Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa - Indonesia)
Ilhamuddin (Universitas Muhammadiyah Makasar - Indonesia)
Abd. Kadir Jaelani (Universitas Muhammadiyah Makassar - Indonesia)
Fathrul Ariah (Universitas Muhammadiyah Makassar - Indonesia)
Syafaruddin (Universitas Muhammadiyah Makassar - Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran literasi lingkungan siswa dengan menggunakan pendekatan model Rasch serta mengetahui gambaran secara umum tingkat literasi lingkungan siswa berdasarkan instrumen pengukuran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Mark Wilson. Subjek ujicoba dalam penelitian ini ialah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri kelas XI yang terdapat di Kabupaten Gowa sebanyak 350 responden yang tersebar dari 5 sekolah Negeri. Pemilihan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup dua jenis yaitu lembar validasi ahli dan instrumen pengukuran yang dikembangkan. Teknik analisis adalah analisis validitas isi menggunakan formula Aiken V dan analisis karakteristik butir menggunakan model Rasch. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam analisis validitas Aiken V terdapat 45 butir yang memiliki nilai indeks V > 0,60. Kemudian, dalam analisis karakteristik butir menggunakan model Rasch menunjukkan bahwa terdapat 38 butir yang fit. Pada ujicoba instrument tes literasi lingkungan yang dikembangkan diketahui bahwa pada umumnya siswa berada pada pengelompokan abilitas yang rendah. Kesimpulan, pengembangan instrumen layak digunakan untuk mengukur literasi lingkungan dan pada umumnya tingkat kecakapan literasi lingkungan siswa dikategorikan rendah. Temuan ini mengindikasikan perlunya upaya lebih lanjut kebijakan pendidikan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan tanggung jawab di kalangan generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpnk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal ...