Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Analisis Konsep Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Az-Zuhra Kota Pekanbaru

Putri, Wiyuen Eka (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Masa kanak-kanak, terutama usia 5–6 tahun, merupakan periode emas (golden age) dalam perkembangan manusia. Perkembangan anak usia dini merupakan fondasi penting bagi perkembangan individu secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Menurut Sugiyono (2014), metode penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Az-Zuhra kota Pekanbaru.  Indikator pertama yaitu mengenal diri menjadi indikator dengan persentase tertinggi yaitu 80% dengan keterangan berkembang dengan baik. Indikator kedua yaitu percaya diri dengan persentase 71,66% dengan keterangan berkembang sesuai harapan. Indikator ketiga dengan keterangan berkembang sesuai harapan dengan persentase 74,58%. Kemudian indikator keempat yaitu penerimaan sosial dengan persentase 75% keterangan berkembang sesuai harapan. Kelima, indikator regulasi emosi dengan persentase 77,08% keterangan berkembang sangat baik. Indikator terakhir yaitu evaluasi diri mendapati persentase 74,16% dengan keterangan berkembang sesuai harapan. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Az-Zuhra Kota Pekanbaru umumnya berada pada kategori baik. Dari 20 responden, 60% anak termasuk dalam kategori berkembang sangat baik pada indikator mengenal diri, dengan persentase skor 80%. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak mampu mengenali identitas pribadi mereka, seperti nama, usia, dan ciri fisik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...