Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MABER (Mari Berhitung) untuk kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Sibuhuan Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian RND (Research and Developmet) dengan metode kuantitatif. Langkah-langkah yang digunakan ada enam tahapan yaitu potensi dan masalah, pegumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh validasi ahli media sebesar 82%, validasi ahli materi sebesar 86% dan ahli pendidik sebesar 88,75% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan diperoleh sebesar 90% dengan kategori Sangat Layak. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi MABER (Mari Berhitung) ini layak digunakan sebagai media untuk kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Sibuhuan Sumatera Utara.
Copyrights © 2025