Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengembangan Aplikasi Maber (Mari Berhitung) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Sibuhuan Sumatera Utara

Hasibuan, Alza Annisa (Unknown)
Nurlita, Nurlita (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MABER (Mari Berhitung) untuk kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Sibuhuan Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian RND (Research and Developmet) dengan metode kuantitatif. Langkah-langkah yang digunakan ada enam tahapan yaitu potensi dan masalah, pegumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh validasi ahli media sebesar 82%, validasi ahli materi sebesar 86% dan ahli pendidik sebesar 88,75% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan diperoleh sebesar 90% dengan kategori Sangat Layak. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi MABER (Mari Berhitung) ini layak digunakan sebagai media untuk kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Sibuhuan Sumatera Utara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...