Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kemampuan kecerdasan sosial pada anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun, baik sebelum maupun setelah anak berpartisipasi dalam aktivitas permainan olahraga sederhana di TK Hosana Fun Kids yang terletak di Pekanbaru. Penelitian ini bersifat eksperimen kuantitatif, dengan desain pre-ekperimen yang melibatkan satu kelompok yang menjalani tes awal dan tes akhir. Populasi yang diteliti terdiri dari 36 anak berumur 5-6 tahun di TK Hosana Fun Kids, dan sampel diambil dari 14 anak di kelas B3. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan interpersonal anak sebelum mengikuti kegiatan simple sport games berada di angka 53,17%, dan setelah mengikuti kegiatan tersebut meningkat menjadi 77,7%. Data diperoleh melalui pengamatan langsung oleh peneliti. Pengolahan data dilakukan dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal pada anak-anak berusia 5-6 tahun, yang dapat dilihat dari rata-rata skor sebelum dan sesudah perlakuan. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh nilai thitung sebesar 6,904, yang melebihi ttabel 2,160. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan olahraga sederhana memberikan dampak positif terhadap kecerdasan interpersonal anak-anak berusia 5-6 tahun di TK Hosana Fun Kids di Pekanbaru. Oleh karena itu, studi ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari permainan olahraga sederhana terhadap kecerdasan sosial anak berusia 5-6 tahun di TK Hosana Fun Kids di Pekanbaru, baik sebelum maupun setelah kegiatan dilakukan.
Copyrights © 2025