Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi
Vol 14 No 2 (2025): July

Pengaruh Bimbingan Teknis berbasis Media Digital SIKOMODO terhadap Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen

Bere Mau, Florentina P. C. (Unknown)
Liliweri, Alo (Unknown)
Amah, Mas’ (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan teknis terhadap peningkatan jabatan fungsional dosen di Universitas Kristen Artha Wacana Kupang (UKAW). Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 106 dosen yang telah mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan regresi linier serta analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan teknis berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap peningkatan jabatan fungsional dosen, dengan koefisien jalur sebesar 0,476 dan nilai signifikansi 0,001. Temuan ini didukung oleh persepsi mayoritas responden yang menilai pelaksanaan Bimtek berada dalam kategori “sesuai harapan” hingga “sangat sesuai harapan”. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Bimtek yang efektif dan terstruktur mampu menjadi faktor penting dalam mendukung percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen. Oleh karena itu, perguruan tinggi disarankan untuk terus mengembangkan program Bimtek yang berbasis pada kebutuhan profesional dosen, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengambil kebijakan pendidikan tinggi dalam menyusun strategi pelatihan yang berkelanjutan dan berdampak nyata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communio focuses on publishing research on contemporary topics in the field of Communication Science from various perspectives, including: 1. Mass Communication including Media and Journalism Studies 2. Public Relations and Marketing or Business Communication 3. Intercultural or ...