Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah
Vol 8 No 1 (2025): Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah

Perilaku Konsumen Dalam Ekonomi Islam

Salwa, Nikmatus (Unknown)
Said, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menerapkan evaluasi mendalam melalui metode pengumpulan data sekunder, termasuk penelitian pustaka dan pencarian internet. Data diperoleh dari jurnal dan artikel yang berfokus pada perilaku konsumen. Hasil menunjukkan bahwa perilaku konsumen melibatkan tindakan dan interaksi sosial dari individu, kelompok, atau organisasi dalam mengevaluasi, memperoleh, dan menggunakan barang atau jasa melalui proses pertukaran atau pembelian. Faktor-faktor seperti budaya, sosial, pribadi, dan psikologis memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam konteks ekonomi Islam, perilaku konsumen ditekankan pada komprehensivitas dan etika dalam seluruh prosesnya. Konsumen Muslim disarankan untuk menghindari gaya konsumsi yang berlebihan yang didasarkan pada hawa nafsu, karena hal ini bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan dapat merusak kehidupan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

almizan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Al-Mizan adalah Jurnal Print dan E-Journal online yang diterbitkan oleh Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam (IAI) An-Nadwah Kuala Tungkal. Yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember. Jurnal ini didedikasika pada kajian teoritis dan empiris di semua kategori ...