Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar literasi keuangan digital melalui penyuluhan yang dilaksanakan di MIS Al-Hidayah CK Medan pada tanggal 15–19 Mei 2025. Sasaran kegiatan adalah 26 siswa kelas V dengan pendampingan dari 3 guru. Metode penyuluhan menggunakan pendekatan ceramah interaktif, audio-visual, storytelling, dan simulasi sederhana terkait pengelolaan keuangan. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kognitif siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 48,38 dan post-test sebesar 78,54, menghasilkan peningkatan rata-rata sebesar 30,15 poin atau sekitar 62%. Penilaian guru terhadap pelaksanaan kegiatan menunjukkan skor rata-rata 4,7 dari 5 pada berbagai aspek, termasuk materi, metode, dan antusiasme siswa. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan penyuluhan yang kontekstual dan menyenangkan mampu meningkatkan pemahaman keuangan digital anak usia sekolah dasar secara efektif. Namun, kegiatan masih memiliki keterbatasan dalam cakupan dan jangka waktu evaluasi. Oleh karena itu, kegiatan serupa disarankan dilakukan secara berkelanjutan dengan cakupan yang lebih luas dan penguatan media pembelajaran digital.
Copyrights © 2025