cover
Contact Name
RIVALRI KRISTIANTO HONDRO
Contact Email
rivalryjurnal@gmail.com
Phone
+6281375255171
Journal Mail Official
orahua@faatuatua.com
Editorial Address
Desa Ujung Labuhen, Perumahan New Pratama Asri Blok E No. 11, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by FAATUATUA MEDIA KARYA
ISSN : -     EISSN : 30317479     DOI : 10.70404
Jurnal ORAHUA merupakan nama yang digunakan untuk Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dimana jurnal ini menerbitkan artikel multidisplin ilmiah yang dikelola oleh Faatuatua Media Karya. Kata "ORAHUA" dikutip dari bahasa daerah nias yang digunakan masyarakat suku nias yang memiliki arti "PERKUMPULAN". Jurnal ORAHUA merupakan jurnal nasional yang menyajikan artikel ilmiah terkait dengan pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat yang meliputi tentang pelatihan, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, desain, pemasaran, penerapan teknologi tepat guna, dan pendidiakan untuk pembagunan yang sifatnya berkelanjutan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan ide atau pemikiran konseptual yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat.
Articles 42 Documents
Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan Masyarakat Desa Helefanikha Tentang Teknologi Informasi Abdul Karim; Sianturi, Lince Tomoria
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i01.37

Abstract

Teknologi informasi adalah merupakan hal yang sangat di perlukan di setiap kegiatan seperti di bidang usaha. Dengan adanya teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan rakyat di berbagai bidang apapun. Dan juga dapat meningkat daya saing bangsa yang serba menggunakan teknologi. Dalam pelatihan pengenalan teknologi ini sangat perlu sekali terhadap masyarakat desa helefanikha khusus di bawah pimpinan kepala desa helefanikha. Strategi implementasi teknologi informasi harus dapat menawarkan jalan keluar untuk melengkapi teknologi yang diterapkan, agar dapat lebih menjamin keefektifannya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Sesuai dengan tema pengabdian kepada masyarakat yaitu pemanfaatan canva untuk membangun media pembelajaran interaktif adalah sebagai berikut (1) Memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi. (2) Mengenalkan dan memberikan pelatihan dalam pengenalan teknologi apa saja yang di perlukan. (3) Memberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi teknologi dan memanfaatkannya. Manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut (1) Menambah pengetahuan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi. (2) Memahami perlunya teknologi informasi dalam kegiatan sehari-hari.
Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Coding Program Melalui Aplikasi Primaindisoft Sianturi, Candra Frenky; Butar-butar, Lambok H.O.
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i01.38

Abstract

Kemampuan dalam membuat coding dengan menggunakan bahasa pemograman saat ini dapat berguna untuk membuat suatu aplikasi, website, bahkan sebuah platform. Hal inilah yang menjadi penyebab bawah salah satu skill yang banyak dicari pada era ini ialah kemampuan dalam coding. Hingga saat ini kegiatan pengkodiang program merupakan salah satu hal yang sangat sulit dipahami dan dikuasai oleh seseorang, karena kegiatan ini benar-benar melibatkan pemahaman dan kemampuan pemanfaatan logika yang dimiliki untuk memahami permasalahan yang akan diselesaikan kemudian menuangkan solusi penyelesaian permasalahan tersebut melalui sebuah basaha pemrograman yang digunakan. Kesulitan inilah yang sering membuat anak-anak peserta didik pada tahap Sekolah Menengah Pertama mengalami kejenuhan, tidak menyukai bahkan menganggap kegiatan coding ini merupakan sebuah pelajaran yang paling rumit diikuti. Memperkenalkan coding yang lebih interaktif sedini mungkin diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk mampu menciptakan game sendiri, serta membuat anak-anak untuk berpikir kritis dan kreatif, sehingga hal ini dapat diterapkan pada kurikulum sekolah dengan tujuan agar siswa tidak hanya menjadi pengguna yang pasif dalam penggunaan teknologi tetapi dapat menjadi produsen, pembuat, dan penemu teknologi yang aktif. Hal ini dapat diimplikasikan dengan suatu aplikasi yang bernama Primaindisoft yang di desain untuk anak-anak maupun deawsa. Aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat animasi, game, musik, dan lain sebagainya secara interaktif dengan sangat mudah.
Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Maringan Sianturi
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i01.39

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini berkembang dengan sangat pesat. Dampak dari perkembangannya juga dapat dirasakan dalam dunia pendidikan, antara lain terciptanya berbagai media pembelajaran berbasis IT yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Dengan adanya teknologi guru dapat membuat animasi yang sulit dideskripsikan dan dapat muembuat peserta didik tertarik. Selain itu kemajuan di bidang teknologi informasi melahirkan konsep baru dalam pembelajaran yang berbasis IT, pembelajaran seperti ini dikenal dengan istilah e-learning. E-learning sendiri dapat diartikan semua kegiatan pendidikan yang menggunakan media eletronik atau teknologi informasi termasuk internet. Melalui e-learning, materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Di samping itu, materi dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia yang dapat dengan cepat diperbaharui oleh guru. E-learning dalam pelaksanaannya memerlukan sebuah media yang dapat menunjang kegiatannya. Media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu media juga harus melibatkan siswa sehingga pembelajaran dapat terjadi. Salah satu media yang dapat digunakan dalam e-learning adalah edmodo. Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa, dan sekolah yang berbasis sosial media. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk terhubung dengan guru dan siswa lain. Melalui edmodo guru dan siswa dapat berbagi dokumen dalam bentuk buku maupun link. Selain itu edmodo dapat membantu guru membangun sebuah kelas virtual berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat penugasan, kuis, dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk pelatihan pemanfaatan edmodo dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang diperuntukkan bagi guru dan siswa, sehingga proses pembelajaran jarak jauh dapat lebih efektif.
Pemanfaatan Aplikasi Animaker Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Edward Robinson
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i01.40

Abstract

Peranan media pembelajaran dalam menyukseskan tujuan pendidikan kepada peserta didik memiliki peranan yang sangat penting. Media pembelajaran yang baik tentunya dapat membantu setiap elemen pelaksana kegiatan pembelajaran untuk menyukseskan setiap kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang dapat digunakan sebagai perantara guru dengan siswa dalam memahami materi agar lebih efektif dan efisien. Salah satu aplikasi yang umum digunakan dalam pembuatan media pembelajaran adalah aplikasi yang telah disediakan oleh microsoft office yaitu power poin. Namun aplikasi ini membutuhkan keahlian dalam pembuatan media interaktif yang lebih menarik, karena dibutuhkan pemahaman terhadap animasi. Sebagai aplikasi berbasis teknologi, aplikasi animaker sangat baik digunakan oleh para guru untuk membuat media materi pembelajaran bagi para murid menjadi lebih efektif dan menarik. Sebagai sebuah web tools, guru dapat mendesain materi pelajaran menjadi lebih menari dan interaktif, karena web online ini menyediakan fitur-fitur untuk membuat presentasi dalam bentuk animasi maupun video. Dengan menggunakan aplikasi animaker, guru dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah kehidupan. Pelatihan ini bertujuan untuk pelatihan pemanfaatan animaker dalam pembuatan dan desain media pembelajaran bagi guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga meninat belajar peserta didik dapat ditingkatkan.
Pelatihan Pengenalan Dasar Bahasa Dart Dalam Pemograman OOP Kennedi Tampubolon
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i01.41

Abstract

OOP dalam pemrograman dapat memberikan kemudahan bagi seorang programmer pada saat mengembangkan sebuah aplikasi dengan mengikuti model yang telah ada dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pemrograman lebih fleksibel dan dapat digunakan luas dalam skala yang lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya pemahaman OOP dalam sebuah kegiatan pemrograman.Penekanan pemahaman konsep-konsep penerapan OOP ini bagi siswa yang sedang belajar pemrograman sangat penting, mengingat bahasa pemrograman saat ini sangat berkembang pesat, khususnya pada era teknologi pemanfaatan mobile saat ini. Salah satu bahasa pemrograman yang menerapkan dan mementingkan konsep OOP dalam pemrogramannya adalah bahasa dart. Saat ini bahasa pemrograman dart telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile. Bahasa pemrograman ini dengan konsep OOP nya telah banyak memberikan kemudahan dalam pengembangan dan pembuatan aplikasi berbasi mobile. Pemahaman yang sangat mendasar kepada para siswa terkait implementasi OOP dalam pemrograman merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar mereka mampu meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan bahasa dart untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang lebih efektif.
Pelatihan Komunikasi Untuk Menghadapi Dunia Kerja Pada Perguruan Tinggi Akademi Pariwisata Medan Hotel School Riza Afni; Manurung, Rianto; Tambunan, Susi Marta; Tambunan, Sontina Griche; Yanti Nirmala
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): Januari
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i02.49

Abstract

Komunikasi yang efektif merupakan keterampilan kunci yang sangat penting dalam menghadapi dunia kerja. Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu diri membangun hubungan yang kuat di tempat kerja, memecahkan masalah, dan memajukan karier. Namun berbagai macam masalah komunikasi kerap kali muncul, mulai pada tataran makro di pemerintahan, di korporasi sampai pada level mikro di kehidupan sehari-hari. Berbagai masalah komunikasi sangat penting untuk dipahami lebih dalam agar pada sisi yang lain terus meningkatkan keterampilan berkomunikasi sehingga proses komunikasi berjalan dengan efektif. Terwujudnya komunikasi yang efektif tentu memerlukan ketrampilan komunikasi, salah satunya adalah untuk karier seseorang di segala bidang pekerjaan. Seseorang diharapkan dapat bekerjasama secara efektif dengan orang lain, menyajikan gagasan secara efektif dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah dengan melakukan penyuluhan dengan pihak mitra dengan peserta dari mahasiswa Perguruan Tinggi Akademi Pariwisata Medan Hotel School. Penyuluhan dilakukan secara langsung di tengah setelah masa peralihan suasana pandemic covid 19 dengan mengedepankan simulasi atau roleplay pada peserta. Penyuluhan ini menunjukkan adanya antusianisme peserta dan juga peningkatan keterampilan berkomunikasi efektif sehingga dapat dilakukan secara berkelanjutan.
Penguatan Jiwa Entrepreneur Pada Usia Dini Dengan Prinsip Urban Farming Untuk Menanam Palawija Di Desa Batang Pane I Trans Ningsih; Mesran
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2024): Januari
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v1i02.50

Abstract

The introduction of the concept of entrepreneurship from an early age is currently not something new. By being introduced to entrepreneurship from an early age, it is hoped that children will start to get used to understanding the scope of business, get used to thinking critically and analytically. Apart from that, children also become more active and productive because they are used to doing creative things. One simple entrepreneurial activity that can be introduced to children is planting plants around the house. Some alternative plants that can be planted are secondary crops. With urban farming principles, plant planting activities carried out by children become more efficient and effective. This is because the child does not need to bother cultivating a large area of ​​land, besides that it also does not require large costs compared to clearing land for farming.
Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Eneterpreneurship Yanny, Anda; Sianturi, Ronda Deli; Panjaitan, Melda; Hutabarat, Sumiaty Adelina; Hutagalung, Siti Nur Habibah; Sitohang, Norenta
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 01 (2024): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v2i01.91

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengenalkan digital marketing kepada siswa dan siswi sekaligus meningkatkan kompetensi mereka di bidang berwirausaha. Kegiatan ini mengasilkan empat kompetensi yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMU Negeri 14 Medan dengan sasaran siswa dan siswi kelas XII berjalan dengan lancar, bahkan siswa dan siswi sangat antusias mengikutinya dan berlomba lomba mendesain promosi produk melalui platform canva. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan metode ceramah yang memberikan penjelasan mengenai teori dan pengalaman di bidang digital marketing, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan langsung membuat bentuk promosi, harga dan tampilan produk. Pada sesi terakhir siswa diharuskan menjelaskan hasil dari tampilan digital marketing mereka secara berkelompok Kegiatan yang menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam ini menghasilkan pemahaman kepada siswa dibidang digital marketing dengan harapan kelak akan menjadi ilmu mereka jika ingin berwirausaha nantinya.
Pelatihan Dasar Rumus Ms. Excel Untuk Pembuatan Laporan Keuangan Syahputra, Rian; Bu'ulolo, Efori
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 01 (2024): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v2i01.92

Abstract

Kebutuhan sekolah, banyak mata Pelajaran yang sudah bisa membantu dalam mempersiapkan setiap siswa dalam menghadapi dunia kerja, salah satunya adalah seperti mata Pelajaran ekonomi dan akuntansi yang mempelajari dasar dalam membuat laporan keuangan. Dalam pembuatan laporan bisa saja mengalami salah hitung karena masih menggunakan proses manual, maka untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan sebuah aplikasi pengolah angka. Salah satunya adalah menggunakan pengolah angka yaitu MS. Excel. Hal yang memerlukan aplikasi MS. Excel yaitu membuat laporan keuangan Dimana efektifitas dan efisiensi sangat diutamakan dalam pembuatan laporan tersebut.
Pelatihan Digital Marketing Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Azlan; Ndruru, Eferoni; Marbun, Nasib; Saputra, Imam; Ginting, Suranta Bill Fatric; Hondro, Rivalri Kristianto
ORAHUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 01 (2024): Juli
Publisher : Faatuatua Media Karya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70404/orahua.v2i01.96

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran menjadi sangat penting bagi kelangsungan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelatihan bertajuk "Pelatihan Digital Marketing Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)" ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali siswa-siswi SMK Swasta Parulian 2 Medan dengan pengetahuan dan keterampilan dasar digital marketing yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing bisnis di masa depan. Acara ini akan dilaksanakan di SMK Swasta Parulian 2 Medan pada hari Jumat, 26 Juli 2024. Para peserta akan diperkenalkan pada berbagai konsep dan strategi pemasaran digital, termasuk penggunaan media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), serta teknik periklanan online yang efektif dan efisien. Selain itu, pelatihan ini juga akan menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidang digital marketing, yang akan berbagi tips dan pengalaman praktis dalam memanfaatkan platform digital untuk mencapai target audiens yang lebih luas. Melalui pelatihan ini, diharapkan para siswa-siswi dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam dunia digital, sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan pasar dan mempersiapkan diri untuk tantangan bisnis di masa mendatang. Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan daya saing generasi muda di Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional melalui inovasi dan adopsi teknologi digital.