Keterampilan public speaking merupakan bagian dari soft skill yang sangat penting di era modern, terutama dalam mendukung keberhasilan akademik, sosial, dan profesional peserta didik. Namun, masih banyak siswa yang mengalami hambatan seperti rasa gugup, kurang percaya diri, dan minimnya teknik komunikasi efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan public speaking bagi siswa tingkat menengah dengan pendekatan partisipatif dan praktik langsung. Pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu identifikasi peserta, penyusunan materi dan rundown acara, pemberian materi secara interaktif, serta simulasi peran sebagai pembicara dan Master of Ceremony (MC). Evaluasi dilakukan melalui praktik langsung dan sesi tanya jawab, serta umpan balik dari fasilitator. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam hal kepercayaan diri siswa, pemahaman teknik berbicara di depan umum, dan keterampilan praktis dalam membawakan acara. Pelatihan ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis pengalaman dapat secara efektif mengatasi hambatan komunikasi siswa. Program ini direkomendasikan untuk direplikasi dan diintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler secara berkelanjutan, serta didukung oleh pengembangan modul digital dan pelatihan bagi guru pembina.
Copyrights © 2025