Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode bisik berantai terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode true or false terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Menganalisis perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode true or false. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Populasi dan sampel pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Alliritengae Maros yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data beserta instrumen yang digunakan yakni observasi dengan menggunakan lembar observasi, tes dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Data diolah berdasarkan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bisik berantai berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Penerapan metode true or false berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Terdapat perbedaan signifikan penguasaan koskata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan yang diajar menggunakan true or false
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025