Shaut Al-'Arabiyah
Vol 13 No 2 (2025): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Pengaruh Penerapan Metode Bisik Berantai dan True Or False Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Alliritengae Maros

Afdhaliah, Nur (Unknown)
Shabir U, Muhammad (Unknown)
Rahman, Anwar Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode bisik berantai terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode true or false terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Menganalisis perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode true or false. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Populasi dan sampel pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Alliritengae Maros yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data beserta instrumen yang digunakan yakni observasi dengan menggunakan lembar observasi, tes dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Data diolah berdasarkan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bisik berantai berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Penerapan metode true or false berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Terdapat perbedaan signifikan penguasaan koskata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan yang diajar menggunakan true or false

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...