Penelitian ini dilatarbelakangi oleh msikonspsi siswa terhadap materi hidrolisis, yaitu jenis materi hidrolisis dan pH materi hidrolisis. Selain itu, keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran kimia belum sepenuhnya terlaksana. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan agar KPS peserta didik dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi hidrolisis garam untuk melatihkan KPS peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Educational Design Research (EDR). Selain itu, model plomp adalah model pengembangan yang digunakan. Subjek penelitian adalah tiga orang dosen kimia UNP, dua orang guru kimia, dan lima belas orang peserta didik SMAN 3 Payakumbuh. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dengan nilai V = 0,94292. Dan uji praktikalitas (small group) oleh guru kimia dan peserta didik diperoleh data sebesar 94% dan 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi hidrolisis garam untuk melatih KPS peserta didik pada fase F valid dan praktis.
Copyrights © 2025