JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Hidrolisis Garam untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fase F

Adha, Azima (Unknown)
Finna Syolendra, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh msikonspsi siswa terhadap materi hidrolisis, yaitu jenis materi hidrolisis dan pH materi hidrolisis. Selain itu, keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran kimia belum sepenuhnya terlaksana. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan agar KPS peserta didik dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi hidrolisis garam untuk melatihkan KPS peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Educational Design Research (EDR). Selain itu, model plomp adalah model pengembangan yang digunakan. Subjek penelitian adalah tiga orang dosen kimia UNP, dua orang guru kimia, dan lima belas orang peserta didik SMAN 3 Payakumbuh. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dengan nilai V = 0,94292. Dan uji praktikalitas (small group) oleh guru kimia dan peserta didik diperoleh data sebesar 94% dan 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi hidrolisis garam untuk melatih KPS peserta didik pada fase F valid dan praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...