JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Two Tier Test Pada Praktikum Fisika Dasar I

R., Mulyasari (Unknown)
Dani, Ali Umar (Unknown)
Suhardiman, Suhardiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis berbasis Two Tier Test pada praktikum fisika dasar I dan 2) mendeskripsikan nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda instrumen kemampuan berpikir kritis berbasis Two Tier Test pada praktikum fisika dasar I. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan dengan jenis research and development(R&D) dengan menggunakan model pengembangan Tessmer. Tahapannya terdiri dari: 1) preliminary, 2) self evaluation, 3) prototyping, dan 4) field test. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisika Dasar Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar angkatan 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, karena hasil validitas isi (Aiken V) memiliki rata-rata 0,67 dengan kategori “validitas sedang”. Uji reliabilitas sebesar 0,65027 dengan kategori tinggi. Tingkat kesukaran berada pada interval 0,70 – 1,00 dimana secara umum soal dikatakan baik. Daya pembeda soal berada pada kisaran DP < 0,2 dengan kategori jelek. Implikasi penelitian ini adalah: 1) Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian dapat memberikan gambaran yang lebih dalam mengenai kemampuan berpikir kritis mahasiswa, sehingga berkontribusi terhadap pengembangan evaluasi pemelajaran praktikum berbasis konsep. 2) Instrumen yang dikembangkan memberikan alternatif penilaan lebih mendalam, karena tidak hanya menilai jawaban akhir (Tier I), tetapi juga alasan dibalik jawaban tersebut (Tier II). Hal ini memungkinkan dosen mengidentifikasi kesalahan konsep dan tingkat pemahaman mahasiswa dengan akurat. 3) Jika peneliti berikutnya melanjutkan penelitian ini dengan menambahkan beberapa soal dan artikel, maka keakuratan hasil yang diperoleh akan semakin meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...