JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Klasifikasi dan Penentuan Prioritas Perbaikan Kerusakan Jalan Menggunakan Fuzzy Logic Mamdani dan Algoritma Pencarian Heuristik

Akbar, M.Azriel Yaqi (Unknown)
Wicaksono, Faris Hakim (Unknown)
Listanto, Evan Adwitiya Dwi (Unknown)
Sari, Anggraini Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penilaian kerusakan jalan dan penentuan prioritas perbaikannya secara manual menghadapi masalah subjektivitas dan ketidakefisienan, terutama di daerah dengan variasi lalu lintas dan tingkat kerusakan yang berbeda-beda seperti Surabaya, Gresik, dan Lamongan. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem pendukung keputusan berbasis desktop yang dapat mengklasifikasikan tingkat kerusakan jalan serta menetapkan prioritas perbaikannya dengan cara yang objektif dan terstruktur. Metode yang digunakan merupakan pendekatan terpadu yang mencakup: analisis citra digital melalui binerisasi untuk mengukur persentase kerusakan, Logika Fuzzy Mamdani untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan ('Ringan', 'Sedang', 'Berat') demi mengurangi subjektivitas, algoritma heuristik berbasis bobot untuk menghitung skor prioritas yang mempertimbangkan kerusakan, kepadatan lalu lintas, dan tingkat kepentingan lokasi, serta algoritma pencarian heuristik (Greedy Algorithm) untuk merekomendasikan rute perbaikan yang efisien. Hasil pengujian membuktikan bahwa logika sistem ini dapat direplikasi dengan tingkat akurasi 100% pada pengujian validasi silang, yang menunjukkan konsistensi dan kehandalan metode yang diajukan. Sistem yang dikembangkan berhasil memberikan alat bantu yang dapat mengubah data kerusakan menjadi rencana kerja yang dapat dilaksanakan, sehingga berpotensi untuk mendukung instansi terkait dalam merencanakan pemeliharaan jalan yang lebih strategis, cepat, dan terarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...