Penilaian kerusakan jalan dan penentuan prioritas perbaikannya secara manual menghadapi masalah subjektivitas dan ketidakefisienan, terutama di daerah dengan variasi lalu lintas dan tingkat kerusakan yang berbeda-beda seperti Surabaya, Gresik, dan Lamongan. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem pendukung keputusan berbasis desktop yang dapat mengklasifikasikan tingkat kerusakan jalan serta menetapkan prioritas perbaikannya dengan cara yang objektif dan terstruktur. Metode yang digunakan merupakan pendekatan terpadu yang mencakup: analisis citra digital melalui binerisasi untuk mengukur persentase kerusakan, Logika Fuzzy Mamdani untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan ('Ringan', 'Sedang', 'Berat') demi mengurangi subjektivitas, algoritma heuristik berbasis bobot untuk menghitung skor prioritas yang mempertimbangkan kerusakan, kepadatan lalu lintas, dan tingkat kepentingan lokasi, serta algoritma pencarian heuristik (Greedy Algorithm) untuk merekomendasikan rute perbaikan yang efisien. Hasil pengujian membuktikan bahwa logika sistem ini dapat direplikasi dengan tingkat akurasi 100% pada pengujian validasi silang, yang menunjukkan konsistensi dan kehandalan metode yang diajukan. Sistem yang dikembangkan berhasil memberikan alat bantu yang dapat mengubah data kerusakan menjadi rencana kerja yang dapat dilaksanakan, sehingga berpotensi untuk mendukung instansi terkait dalam merencanakan pemeliharaan jalan yang lebih strategis, cepat, dan terarah.
Copyrights © 2025